Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Selasa, 03 November 2020

Prakata Pendidik

Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Bidang Teknologi Rekayasa adalah salah satu Mata Pelajaran (Mapel) yang dikembangkan oleh Pemerintah sejak era Kurikulum 2013 diberlakukan. Mapel ini pertama kali diperkenalkan di Tahun 2016 dan menjadi salah satu dari empat bidang  teknologi yang ada dalam ruang lingkup PKWU untuk kelas X, XI, dan  XII. Mapel ini dijabarkan Pemerintah melalui Silabus yang dapat di download melalui Silabus Rekayasa dan tiap Sekolah diberikan kewenangan untuk menerapkan Mapel ini secara dinamis sesuai dengan Buku-Buku penuntun yang telah ada. Namun di dalam prakteknya, Mapel ini kurang memiliki arahan dan panduan yang tepat sehingga sering kali terjadi penerapan yang disesuaikan oleh kemampuan dan kapasitas Pendidik yang ada di Sekolah masing-masing. Hal ini tentu saja membuat tujuan dari adanya Mapel ini kurang tersampaikan dengan baik dan membuat Mapel ini menjadi pelajaran yang tidak diminati atau dijadikan pelajaran yang sama sekali dianggap tak berguna oleh banyak Siswa/i. Oleh karena itulah, Mapel PKWU harus memiliki alur yang tepat sehingga tujuan dari pembelajaran Rekayasa khususnya dapat tersampaikan dengan baik.

Blog ini hadir untuk membahas tiap hal detail dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi, hingga latihan soal guna membantu para Pendidik dan Siswa/i untuk memahami PKWU bidang teknologi Rekayasa dengan baik dan benar. Penulis adalah Pendidik yang selama empat tahun lamanya menangani Pembelajaran PKWU di Sekolah dan Yayasan sebagai Guru dan Koordinator Guru PKWU dari kelas X, XI, dan XII. Buku Pembelajaran Rekayasa pun telah disusun oleh Penulis bersama rekan-rekan Guru untuk membantu proses pembelajaran di Kelas menjadi tepat sasaran dan menyenangkan. Tidak berhenti pada satu sekolah saja, Penulis berharap ilmu PKWU yang telah dikembangkan dari penjabaran Silabus, penyusunan RPP, materi, dan latihan soal dapat membantu sesama rekan Pengajar lain di luar Sekolah yang pernah ditangani Penulis. Semoga ilmu Pembelajaran yang dibagikan dalam Blog ini mampu menambah wawasan dan memperkaya ilmu anda tentang Rekayasa.


Penulis dapat juga dihubungi secara personal melalui WA 082299080968 (WA dulu yah untuk fast respon). Buku Wirausaha lain yang ditulis adalah Pahlawan Ekonomi Kreatif dapat dibeli di Gramedia dan Toko Buku terdekat baik langsung maupun online. Penulis juga dapat ditemui di Toko Beras Bunda KiJe untuk Konsultasi tentang PKWU baik tentang Rekayasa, PLTS (Pemasangan dan Harga), Kewirausahaan, dan kebutuhan Beras dan Sembako, dan Bakso Frozen.


Yohannes Agatha Engel, S.T., Gr.

HP : 082299080968

FB : https://www.facebook.com/yohannes.engel IG : https://www.instagram.com/yaengel

Book : https://www.gramedia.com/products/pahlawan-ekonomi-kreatif

Book : http://elexmedia.id/users/9786020431628_pahlawan_ekonomi_kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran KD 3.1. SISTEM TEKNIK - Kelas XI

BAB 1 PERENCANAAN USAHA SISTEM TEKNIK A. PENGERTIAN SISTEM TEKNIK Sistem berasal dari kata 'systema' (bahasa Latin) dan kata 'su...