Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 November 2020

Penjabaran KD 3.6. Silabus PKWU Rekayasa Kelas XI

Silabus PKWU bidang teknologi Rekayasa untuk Kelas XI dapat Anda unduh di Silabus Rekayasa Kelas XI.

---> KD 3.1."Memahami Proses Perencanaan Usaha Bidang Konversi Energi meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.

Dari kata-kata yang tercantum dalam Kompetensi Dasar 3.6., di atas tidaklah jauh berbeda dengan pembahasan pada KD 3.1. Kelas XI sehingga dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Memahami.

Ranah Kognitif dalam Taksonomi Bloom pada KD 3.6. sama dengan KD 3.1. yaitu berada pada jenjang C2 (Pemahaman/Comprehension). Sehingga disini saya mengingatkan kembali agar para Pendidik mau terus menekankan bagaimana Siswa/i dapat memahami teori-teori sebagai dasar pembelajaran untuk melangkah ke KD selanjutnya. Kali ini teori yang harus diperdalam adalah yang berkaitan dengan Konversi Energi. Ini adalah materi yang paling seru dan mengasyikkan bagi saya. Sama seperti yang saya tuliskan pada KD 3.1. maka pada KD 3.6. ini juga Siswa/i sebaiknya tidak diberikan penerapan dan aplikasi terlebih dahulu. Selain karena disini adalah momen bagi Pendidik untuk memaksimalkan teori yang ada dengan baik dan benar, bahkan penerapan konversi energi yang terburu-buru akan mengurangi rasa penasaran dan decak kagum Siswa/i anda akan kedalaman materi ini.

2. Proses Perencanaan Usaha

Penjabaran Proses Perencanaan Usaha dapat kalian buka kembali dalam KD 3.1. Kelas XI dimana tak ada pembahasan yang berbeda antara KD 3.1. dan 3.6. Perbedaan kedua KD ini terletak pada pelaksanaan Perencanaan Usaha yang lebih dinamis dan real. Pada KD 3.1. pelaksanaan perencanaan usaha sistem teknik dapat berkutat pada banyak peralatan yang berhubungan dengan sebuah sistem, sedangkan pada konversi energi sebaiknya tiap Sekolah menerapkan satu Pembangkit Listrik Tenaga yang menggunakan Energi Terbarukan seperti Angin dan Matahari. Dalam pembahasan di Blog ini, saya lebih mengarahkan Para Pendidik untuk menerapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

 

3. Bidang Konversi Energi

Konversi Energi dimulai dari materi yang sangat dasar yaitu Siswa/i diajak untuk memahami dahulu apa yang dimaksud dengan Konversi dan apa hubungannya dengan Energi. Setelah itu, Siswa/i dibawa untuk mengenali Hukum Kekekalan Energi, bagaimana energi dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya, aplikasi rumus energi, dan hubungannya dengan PLTS serta kelistrikan. Tahapan ini harus dibawa senyaman mungkin agar Siswa/i dapat mengikuti dengan baik dan menyerap dasar Ilmu Konversi Energi dengan benar.

 

4. Ide dan Peluang Usaha

Penerapan PLTS dalam bentuk Peralatan sederhana seperti Solar Powerbank, Solar Lamp untuk Taman, Rumah, Penerangan Jalan Umum (PJU), dan lain sebagainya saat ini menjadi komoditi yang pesat. Ragam aplikasi PLTS inilah yang menjadi senjata Pendidik dalam mengkreasikan Siswa/i untuk membuat Produk PLTS Sederhana buatan mereka sendiri. Tidak hanya berkualitas dalam hasil jadi dan cara kerja saja tetapi juga tiap produk Siswa/i tersebut harus memiliki Nilai Jual di Pasar.

 

5. Sumber Daya

Pendidik langsung memberikan breakdown tentang 6M yang harus disusun oleh Siswa/i sebelum membuat rangkaian produk. Siswa/i harus mampu menerangkan 6M dengan baik dan detail, seperti siapa saja yang ikut andil dan apa jobdesk Siswa/i tersebut di dalam Kelompok (Man), produk apa yang hendak dibuat dan bagaimana perencanaan usahanya (Methode), berapa dana yang dibutuhkan dan bagaimana menghimpun dana tersebut (Money), apa saja bahan dan komponen listrik yang harus dibeli sesuai spesifikasi dan kebutuhan (Material), peralatan apa yang sudah dan belum tersedia, serta bagaimana cara menggunakan alat tersebut (Machine), dan bagaimana cara memasarkan produk tersebut agar dapat dikenal masyarakat lua dengan menggunakan media offline (Poster, Selebaran/Flyer, dan atau Brosur) maupun online (Sosial Media).

 

6. Administrasi

6M yang telah tersusun rapi kemudian diarsipkan dan didokumentasikan dengan baik. Administrasi Perencanaan Usaha Konversi Energi ini dibagi menjadi tiga tahap pengerjaan, yaitu sebelum perencanaan, saat proses perencanaan berlangsung, dan sesudah perencanaan. Adapun administrasi sebelum perencanaan terdiri dari Organisasi & Jobdesk Kelompok, Rencana Anggaran Dana, Tahap Pembuatan Produk, dan lain sebagainya. Administrasi saat proses perencanaan direalisasikan berupa dokumentasi pengerjaan, purchasing alat, bahan, dan komponen yang diperlukan, pemasaran, dan lainnya. Di akhir, administrasi yang mendukung berupa hasil edit dokumentasi, produk PLTS sederhana, dan Iklan Produk.

 

7. Pemasaran

Seperti yang telah saya kupas di bagian Administrasi, maka saya menyarankan agar Pendidik bijak dalam memberikan tugas pemasaran. Dalam pemilihan Nama Produk, proses pembuatan, desain produk, dan tiap berlangsung kerja kelompok maka sebaiknya Pendidik menegaskan alur dan tata pembuatan pemasaran yang bijak. Produk dapat dipasarkan melalui media sosial Siswa/i atau Pendidik sesuai kesepkatan bersama.

 

7 hal ini adalah kunci dari setiap para Pendidik dalam mengolah KD 3.6. ini. Saya selalu menyarankan bahwa dasar yang kuat adalah pondasi yang kokoh, dan tiap materi yang dibahas dalam KD 3.6. ini adalah dasar yang kuat untuk mempermudah pelaksanaan KD 3.7. hingga KD 3.10. nantinya. Dalam proses pembelajaran selama Semester Dua ke depan, KD 3.6. harus menempati porsi 30% - 40% dari Jumlah Pertemuan yang ada.

 

Berlanjut ke Pembahasan selanjutnya yah. Yuk, kita sama-sama belajar memahami dan tetap semangat semuanya!

 

Penulis dapat dihubungi secara personal melalui WA 082299080968 (WA dulu yah untuk fast respon). Buku Wirausaha lain yang ditulis adalah Pahlawan Ekonomi Kreatif dapat dibeli di Gramedia dan Toko Buku terdekat baik langsung maupun online. Penulis juga dapat ditemui di Toko Beras Bunda KiJe untuk Konsultasi tentang PKWU baik tentang Rekayasa, PLTS (Pemasangan dan Harga), Kewirausahaan, dan kebutuhan Beras dan Sembako, dan Bakso Frozen.

 

Yohannes Agatha Engel, S.T., Gr.

HP : 082299080968

FB : https://www.facebook.com/yohannes.engel 

IG : https://www.instagram.com/yaengel 

Book : https://www.gramedia.com/products/pahlawan-ekonomi-kreatif 

Book : http://elexmedia.id/users/9786020431628_pahlawan_ekonomi_kreatif

 

Sumber :

http://p3ai.polsri.ac.id/admin/assets/files/7325Taksonomi%20Bloom.pdf

https://www.matahidup.com/6-tahapan-membuat-perencanaan-usaha/

http://ppic1908.blogspot.com/2017/01/perencanaan-usaha.html

https://accurate.id/marketing-manajemen/komponen-perencanaan-usaha/

https://segalaserbaserbi.blogspot.com/2020/04/wirausaha-produk-rekayasa-sistem-teknik.html

https://www.kajianpustaka.com/2019/07/metode-brainstorming.html

https://business.tutsplus.com/id/articles/top-brainstorming-techniques--cms-27181

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran KD 3.1. SISTEM TEKNIK - Kelas XI

BAB 1 PERENCANAAN USAHA SISTEM TEKNIK A. PENGERTIAN SISTEM TEKNIK Sistem berasal dari kata 'systema' (bahasa Latin) dan kata 'su...