Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Kamis, 05 November 2020

Penjabaran KD 3.1. Silabus PKWU Rekayasa Kelas XI

Silabus PKWU bidang teknologi Rekayasa untuk Kelas XI dapat Anda unduh di Silabus Rekayasa Kelas XI.

---> KD 3.1."Memahami Proses Perencanaan Usaha Bidang Sistem Teknik meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.

Dari kata-kata yang tercantum dalam Kompetensi Dasar 3.1., di atas maka dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Memahami.

Ranah Kognitif dalam Taksonomi Bloom pada KD 3.1. berada pada jenjang C2 (Pemahaman/Comprehension). Sehingga disini para Pendidik sebaiknya menekankan bagaimana Siswa/i dapat memahami teori-teori yang berkaitan dengan Sistem Teknik. Pada KD 3.1. ini juga Siswa/i sebaiknya tidak diberikan penerapan dan aplikasi terlebih dahulu karena disinilah Pendidik memaksimalkan teori yang ada dengan baik dan benar sehingga dapat diterapkan dengan baik dan benar pula pada KD selanjutnya. 

2. Proses Perencanaan Usaha

Pemahaman pertama yang harus ditekankan Pendidik kepada Siswa/i adalah tentang suatu proses perencanaan usaha mulai dari membuat tujuan usaha dari deksripsi usaha yang ingin dilakukan, menentukan target pasar dan peluang usaha yang ada dengan menerapkan strategi marketing, memilih dan menentukan bisnis/usaha yang sesuai, memprediksi kebutuhan dan trend pasar dengan menerapkan studi kelayakan usaha atau riset pasar, menghitung modal dan kebutuhan usaha dengan memaksimalkan manajemen operasional usaha, membuat rencana pemasaran dan estimasi biaya atau proposal usaha, dan yang tak kalah penting adalah melakukan evaluasi dan pengembangan produk tiap waktu. Dalam KD 3.1. semua proses itu dirangkum menjadi empat hal yaitu : Ide dan Peluang Usaha, Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran.

 

3. Bidang Sistem Teknik

Semua pemahaman tentang proses perencanaan usaha itu harus dipusatkan pada satu bidang yang akan dibahas secara mendalam, yaitu Sistem Teknik. Sistem Teknik apa yang akan dibahas? Bagaimana kedalaman pembahasannya? Itulah yang menjadi tugas penting tiap Pendidik dan sebaiknya ini harus melihat pada kemampuan Siswa/i dalam menyerap ilmu yang baru ini pada Sekolah masing-masing. Perlu diketahui bahwa Sistem Teknik memiliki arti yang sangat luas dan dapat dibagi-bagi menjadi banyak sistem lainnya seperti Sistem Teknik Informasi, Manajemen, Maintenance/Perawatan, Elektro, Kimia, Fisika, dan lain sebagainya. Beberapa sistem teknik itu kini telah berdiri sendiri menjadi suatu pembelajaran lain yang bercabang lagi, contohnya Sistem Teknik Komputer dan Telekomunikasi yang dahulunya merupakan salah satu bidang dari Sistem Teknik Elektro.

 

4. Ide dan Peluang Usaha

Kedua hal ini dapat diterapkan secara mudah dengan metode brainstorming untuk mempermudah Siswa/i mengeluarakan ide-ide terhebat mereka dengan cara yang asyik, menarik, dan tanpa tekanan. Sebaiknya saat metode ini diterapkan, saran saya sebagai Pendidik jangan batasi Siswa/i dengan hal-hal atau aturan yang mengekang tetapi cukup diberi arahan bahwa semua ide harus berhubungan dengan materi pokok pada KD 3.1. ini yaitu Sistem Teknik. Dari semua ide tersebut, maka ajaklah Siswa/i untuk menganalisa manakah ide yang dapat menjadi suatu peluang usaha. Disinilah kepiawaian Pendidik dalam menjelaskan Peluang Usaha sangat diperlukan. 

 

5. Sumber Daya

Sumber daya disini, saya akan membahas lebih mendalam pada penggunaan 6M (Man, Methode, Money, Machine, Material, dan Market) yang sudah menjadi dasar dari sumber daya usaha. 6M telah menguraikan kepada kita bahwa dalam sebuah usaha dibutuhkan adanya kualitas yang baik dalam diri seseorang (Man), yang memiliki suatu ide dan peluang hingga sistem teknik manajemen usaha  yang memadai (Methode), didukung oleh dana yang ada (Money), untuk menyiapkan peralatan yang tepat guna (Machine), agar dapat mengolah bahan baku dan bahan pelengkap yang diperlukan (Material), dan siap dipasarkan menjadi produk yang berkualitas serta dibutuhkan dan sesuai target pasar (Market).

 

6. Administrasi

Dalam suatu usaha meliputi proses perencanaan usaha dan penerapan 6M maka dibutuhkan suatu catatan pembukuan yang baik. Semua pembukuan itu diarsipkan dalam suatu administrasi yang disusun dengan rapi dan ditata dengan baik. Administrasi disini meliputi Administrasi Keuangan, Susunan Organisasi, Jobdesk, Alur Kerja Produksi, dan lain sebagainya.

 

7. Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian yang tak kalah penting dari suatu perencanaan usaha. Beberapa produk yang laris manis di pasaran seringkali melakukan promosi jauh sebelum produk itu sendiri diproduksi. Contohnya Iklan sebuah HP keluaran terbaru, Rumah Hunian Terbaik, dan Film yang meraih predikat Box Office dan tidak pun mengeluarkan trailer untuk menarik penonton. Hal inilah yang membuat Promosi menjadi salah satu teknik pemasaran yang efektif dan mudah dilakukan baik sebelum atau sesudah produk dibuat. 

 

7 hal ini haruslah menjadi kunci dari setiap para Pendidik dalam mengolah KD 3.1. ini. Saya sangat menyarankan bahwa dasar yang kuat adalah pondasi yang kokoh, dan tiap materi yang dibahas dalam KD 3.1. ini adalah dasar yang kuat itu untuk mempermudah pelaksanaan KD 3.2. hingga KD 3.5. nantinya. Dalam proses pembelajaran selama Semester Satu ke depan, KD 3.1. harus menempati porsi 30% - 40% dari Jumlah Pertemuan yang ada.

 

Berlanjut ke Pembahasan selanjutnya yah. Yuk, kita sama-sama belajar memahami dan tetap semangat semuanya!

 

Penulis dapat dihubungi secara personal melalui WA 082299080968 (WA dulu yah untuk fast respon). Buku Wirausaha lain yang ditulis adalah Pahlawan Ekonomi Kreatif dapat dibeli di Gramedia dan Toko Buku terdekat baik langsung maupun online. Penulis juga dapat ditemui di Toko Beras Bunda KiJe untuk Konsultasi tentang PKWU baik tentang Rekayasa, PLTS (Pemasangan dan Harga), Kewirausahaan, dan kebutuhan Beras dan Sembako, dan Bakso Frozen.

 

Yohannes Agatha Engel, S.T., Gr.

HP : 082299080968

FB : https://www.facebook.com/yohannes.engel 

IG : https://www.instagram.com/yaengel 

Book : https://www.gramedia.com/products/pahlawan-ekonomi-kreatif 

Book : http://elexmedia.id/users/9786020431628_pahlawan_ekonomi_kreatif

 

Sumber :

http://p3ai.polsri.ac.id/admin/assets/files/7325Taksonomi%20Bloom.pdf

https://www.matahidup.com/6-tahapan-membuat-perencanaan-usaha/

http://ppic1908.blogspot.com/2017/01/perencanaan-usaha.html

https://accurate.id/marketing-manajemen/komponen-perencanaan-usaha/

https://segalaserbaserbi.blogspot.com/2020/04/wirausaha-produk-rekayasa-sistem-teknik.html

https://www.kajianpustaka.com/2019/07/metode-brainstorming.html

https://business.tutsplus.com/id/articles/top-brainstorming-techniques--cms-27181

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran KD 3.1. SISTEM TEKNIK - Kelas XI

BAB 1 PERENCANAAN USAHA SISTEM TEKNIK A. PENGERTIAN SISTEM TEKNIK Sistem berasal dari kata 'systema' (bahasa Latin) dan kata 'su...